Langsung ke konten utama

Pengertian Framework beserta kelebihan dan kekurangannya



Framework merupakan istilah yang mengacu pada perangkat lunak yang memudahkan programer dalam membuat sebuah aplikasi seperti web, aplikasi mobile, maupun aplikasi desktop. Dikatakan mmemudahkan sebab di dalam Framework biasanya terdapat plugin / library, yang bisa digunakan oleh programer tanpa harus membuat pengkodean lagi. Misalnya programer web yang menggunakan Framework Codeigniter, untuk mengakses database programer hanya tinggal mengaturnya pada "aplication -> config -> database.php" tanpa harus membuat kode koneksi ke database lagi.

Selain itu Framework juga memiliki sistem yang tersusun rapih, sehingga memudahkan programer apabila mengerjakan project dalam satu tim.

Kelebihan Framework


Berikut beberapa kelebihan framework yang bisa pengguna rasakan :

1. Lebih cepat dan efisien

Lebih cepat dan efisien ini dikarenakan di dalam framework sudah terdapat plugin seperti yang sudah dijelaskan di atas.

2. Menghemat biaya

Sebagian besar framework bersifat open source dan gratis. Contohnya seperti Codeigniter, Node js, Ionic, dan masih banyak lagi.

3. Memperhatikan faktor keamanan.

Keamanan menjadi nilai tambah suatu aplikasi yang ingin di pasarkan. Sebagai orang awam yang berperan sebagai konsumen tentunya sangat memperhatikan keamanan. Karena kebanyakan Framework populer di bersifat open source, maka bug ataupun masalah keamanan sudah banyak di perbaiki dari waktu ke waktu.




Kekurangan Framework 

Dimana ada kelebihan disitu tentu ada kelemahan atau kekurangan. Berikut beberapa kekurangan menggunakan framework untuk membangun aplikasi :




1. Memiliki batasan

Dalam Framework ada beberapa batasan yang tidak dapat dimodifikasi sesuai keinginan anda. Hal ini membuat anda mau tidak mau harus mengguanakan standar yang telah di tentukan.

2. Membuat programer kurang kreativ

Kurang kreatif disini dikarenakan programer disuguhi plugin-plugin yang membuat mereka kurang kreativ dalam membuat kode sendiri. Bahkan untuk sebagian programer, tidak akan paham bagaimana kerangka kerja bagaimana plugin itu bisa bekerja, mereka hanya mengetahui hasil akhirnya saja.

3. Kode bersifat publik

Kode yang bersifat publik akan memudahkan untuk programer-programer yang berniat jahat untuk mencari kelemahan suatu Framework. Apalagi jika aplikasi yang dibuat oleh seorang pemula dalam menggunakan framework, akan sangat rawan menjadi mangsa para programer senior.

Itulah beberapa kelemahan dan kekurangan Framework beserta pengertiannya, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Blank Hitam Pada Photoshop

Saat ini mungkin anda sedang mengalami hal yang pernah saya alami, dimana ketika mengedit gambar di Photoshop tiba-tiba screen layer project berubah menjadi hitam. Apalagi pas menambahkan atau mengedit tulisan, blank ini kerap kali muncul. Kurang lebih akan tampak seperti gambar berikut. Teman-teman jangan khawatir karena saya telah menemukan solusinya dan berhasil saya terapkan. Berikut Cara Mengatasi Blank Hitam Pada Photoshop. 1. Masuk ke menu preferences dengan menekan menu Edit -> Preferences -> Performance . 2. Pada layar Preferences klik tombol Advanced Settings 3. Pada layar Advanced Graphics Processor Settings pada pilihan Drawing Mode silahkan ganti menjadi basic kemudian klik Ok , anda akan kembali ke layar Preferences silahkan klik lagi OK . 4. Selanjutnya tutup Photoshop anda dengan klik menu File -> exit . 5. Terakhir buka kembali Photoshop dan lihat hasilnya.

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Ruby

Ruby merupakan salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek berbasis skrip yang dikembangkan oleh Yukihiro Matsumoto yaitu seorang programer asal Jepang. Untuk mengetahui lebih jauh tentang bahasa Ruby silahkan baca postingan sebelumnya : Mengenal Bahasa Pemrograman Ruby  Sesuai judul postingan kali ini kita hanya akan membahas mengenai Kelebihan serta Kekurangan Bahasa Pemrograman Ruby. Berikut beberapa point yang telah kami jabarkan. Kelebihan Bahasa Pemrograman Ruby 1. Kode sederhana  Dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, yang kebanyakan untuk menulis kode dibutuhkan sekitar 10 baris, pada Ruby hanya butuh 1 atau 2 baris. Inilah kenapa Ruby dikatakan memiliki kode yang sederhana. Karena kesederhanaan dalam kodenya, akan mengurangi jam kerja programmer. 2. Multi-platform Ruby dapat berjalan di berbagai sistem operasi seperti Mac, Windows, hingga Linux. 3. Tingkat kebebasan yang tinggi Salah satu bentuk kebebasan programer dalam menuliska kode Ruby seperti tidak adanya p

Mengenal Apa itu Android Studio

Android Studio merupakan tools IDE ( Integrated Development Environment ) yang digunakan untuk membuat aplikasi android. Fungsi utamanya adalah sebagai editor yang menyediakan berbagai kebutuhan dalam membangun aplikasi android seperti widget, library, dll. Android Studio versi terbaru telah mendukung 2 bahasa pemrograman yaitu Java dan Kotlin. Sebelumnya hanya mendukung bahasa Java. Android Studio hadir sebagai pengganti Eclipse ADT ( Android Development Tools ) yaitu tools utama sebelumnya. Tools Android Studio ini dibangun di atas aplikasi yang sudah populer sebagai editor programer yaitu JetBrains IntelliJ IDE. Selain itu Android Studio di lengkapi dengan Emulator sendiri. Sama halnya seperti Eclipse, Android Studio juga memerlukan SDK ( Software Development Kit ) untuk membangun aplikasi android. Bedanya Android Studio didukung penuh oleh Google sebagai pengembangnya serta menggunakan grandle dalam melakukan build. Baca juga : Perbedaan Membuat Aplikasi Android Menggunakan Ecli