Langsung ke konten utama

Mengenal Apa itu React Js

 

Sebagai programer web anda tentunya sudah tidak asing dengan JavaScript, bahasa ini merupakan bahasa yang umum dipelajari dalam dunia website. Namun tahukah anda ada beberapa library JavaScript yang dibangun untuk mempermudah dalam pengembangan web. Salah satu Library itu adalah React Js.

Apa itu React Js ?

React Js merupakan sebuah Library JavaScript yang dibuat oleh Facebook dengan tujuan untuk membangun antar muka pengguna yang lebih mudah. React Js hadir untuk membantu developer dalam membuat UI atau kumpulan menu di layar yang dapat dibuat dan dipanggil berulang kali sesuai keinginan.

Fitur Utama React Js

React Js hadir dengan dua fitur utama yang tentunya menambah daya tarik React Js itu sendiri. Dua fitur utama itu adalah fitur JSX dan DOM Virtual.

JSX

JSX merupakan ekstensi sintaksis yang mirip dengan XML tetapi ditujukan untuk JavaScript. JSX ini dibuat oleh Facebook guna menyederhanakan dalam membangun program atau aplikasi. Selain itu JSX bertujuan untuk mendefinisikan sintaksis secara ringkas dan mudah dikenali untuk mendefinisikan pohon struktur dengan atribut.

DOM Virtual

DOM Virtual ini berfungsi untuk membuat perubahan pada layar atau bagian tertentu di halaman website tanpa memuat ulang seluruh halaman. Sebagai contoh ketika anda mengklik tombol like maka akan muncul jumlah orang yang telah menekan tombol like ditambah anda.

Ini sangat berguna sebab user tidak perlu lagi melakukan refresh keseluruhan halaman yang tentunya akan memakan waktu dan data internet tentunya.

Kelebihan React Js

React Js hadir dengan menyediakan berbagai kode pustaka yang bisa langsung dipanggil oleh pengguna. Hal ini tentunya menghemat waktu pembuatan website.

Buat sekali gunakan dimana saja

Artinya anda bisa menulis kode satu kali, misalnya sebuah button, kemudian anda dapat memanggil button ini dimana saja dalam project anda.

Berjalan di sisi Server

Selain dapat berjalan di sisi client, React Js juga dapat dikolaborasikan dengan Node Js untuk me-render di server.

Merubah komponen lebih mudah

Merubah komponen menjadi lebih mudah sebab react js membagi setiap component-component yang akan digunakan. Contohnya button yang sudah tampil di berbagai halaman pada project, hanya tinggal merubah satu component saja tanpa merubah di setiap halaman.

Ramah SEO

Salah satu keinginan para pembuat website tentunya, memiliki website yang cepat terindex di mesin pencari seperti google. Dengan menggunakan react js, kegagalan mesin pencari untuk membaca aplikasi yang berat dengan JavaScript dapat ditangani.

Daftar Website yang Menggunakan React Js

Berikut beberapa website besar yang menggunakan React Js dalam pembuatannya.

  • Facebook
  • Dropbox
  • Mattermark
  • Tesla
  • Atlassian
  • Airbnb
  • Netflix
  • Reddit

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Blank Hitam Pada Photoshop

Saat ini mungkin anda sedang mengalami hal yang pernah saya alami, dimana ketika mengedit gambar di Photoshop tiba-tiba screen layer project berubah menjadi hitam. Apalagi pas menambahkan atau mengedit tulisan, blank ini kerap kali muncul. Kurang lebih akan tampak seperti gambar berikut. Teman-teman jangan khawatir karena saya telah menemukan solusinya dan berhasil saya terapkan. Berikut Cara Mengatasi Blank Hitam Pada Photoshop. 1. Masuk ke menu preferences dengan menekan menu Edit -> Preferences -> Performance . 2. Pada layar Preferences klik tombol Advanced Settings 3. Pada layar Advanced Graphics Processor Settings pada pilihan Drawing Mode silahkan ganti menjadi basic kemudian klik Ok , anda akan kembali ke layar Preferences silahkan klik lagi OK . 4. Selanjutnya tutup Photoshop anda dengan klik menu File -> exit . 5. Terakhir buka kembali Photoshop dan lihat hasilnya.

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Ruby

Ruby merupakan salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek berbasis skrip yang dikembangkan oleh Yukihiro Matsumoto yaitu seorang programer asal Jepang. Untuk mengetahui lebih jauh tentang bahasa Ruby silahkan baca postingan sebelumnya : Mengenal Bahasa Pemrograman Ruby  Sesuai judul postingan kali ini kita hanya akan membahas mengenai Kelebihan serta Kekurangan Bahasa Pemrograman Ruby. Berikut beberapa point yang telah kami jabarkan. Kelebihan Bahasa Pemrograman Ruby 1. Kode sederhana  Dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, yang kebanyakan untuk menulis kode dibutuhkan sekitar 10 baris, pada Ruby hanya butuh 1 atau 2 baris. Inilah kenapa Ruby dikatakan memiliki kode yang sederhana. Karena kesederhanaan dalam kodenya, akan mengurangi jam kerja programmer. 2. Multi-platform Ruby dapat berjalan di berbagai sistem operasi seperti Mac, Windows, hingga Linux. 3. Tingkat kebebasan yang tinggi Salah satu bentuk kebebasan programer dalam menuliska kode Ruby seperti tidak adanya p

Mengenal Apa itu Android Studio

Android Studio merupakan tools IDE ( Integrated Development Environment ) yang digunakan untuk membuat aplikasi android. Fungsi utamanya adalah sebagai editor yang menyediakan berbagai kebutuhan dalam membangun aplikasi android seperti widget, library, dll. Android Studio versi terbaru telah mendukung 2 bahasa pemrograman yaitu Java dan Kotlin. Sebelumnya hanya mendukung bahasa Java. Android Studio hadir sebagai pengganti Eclipse ADT ( Android Development Tools ) yaitu tools utama sebelumnya. Tools Android Studio ini dibangun di atas aplikasi yang sudah populer sebagai editor programer yaitu JetBrains IntelliJ IDE. Selain itu Android Studio di lengkapi dengan Emulator sendiri. Sama halnya seperti Eclipse, Android Studio juga memerlukan SDK ( Software Development Kit ) untuk membangun aplikasi android. Bedanya Android Studio didukung penuh oleh Google sebagai pengembangnya serta menggunakan grandle dalam melakukan build. Baca juga : Perbedaan Membuat Aplikasi Android Menggunakan Ecli