Langsung ke konten utama

Mengenal Apa Itu Cordova dan Cara Menginstall untuk Ionic



Pengguna framework ionic tentunya tidak asing dengan namanya Cordova. Sebab Cordova ini sangat penting ketika ingin melakukan transformasi dari aplikasi web ionic ke mobile aplikasi seperti android, iOS, atau Windows Phone.

Apache Cordova atau yang kita kenal sebagai Cordova merupakan sebuah framework yang digunakan untuk pengembangan aplikasi mobile menggunakan bahasa CSS3, HTML5, serta JavaScript.

Jika Ionic menyediakan fasilitas seperti library, AngulasJS, dan kebutuhan dalam hal koding. Maka Cordova disini berperan untuk mengubah semua hasil kodingan tadi kedalam mobile aplikasi baik Android, iOS, ataupun Windows Phone.

Apache Cordova menggunakan satu sumber kode yang sama, hal ini membuatnya dapat membungkus aplikasi agar bisa berjalan di berbagai device ketimbang menggunakan API (Aplication Programming Interface) yang spesifik untuk masing-masing platform. API spesifik yang dimaksudkan disini seperti Java untuk Android, Swift untuk iOS, dan C# untuk Windows Phone.


Baca juga :
Pengertian API (Aplication Programming Interface).
Mengenal apa itu Swift dan Kegunaannya.
Mengenal apa itu C# dan Kelebihannya.
Penyebab Windows Phone tidak Laku di Pasaran.

Sebelum berganti nama menjadi Cordova atau Apache Cordova, awalnya framework ini dinamakan PhoneGap yang dibuat oleh perusahaan Nitobi asal Kanada. Barulah di tahun 2011 setelah Adobe System mengakuisisi perusahaan tersebut, PhoneGap berganti nama menjadi Aphace Cordova sekaligus menyerahkan pengembangan open sourcenya kepada Apache Software Foundation.

Instalasi Cordova

Penginstalan Cordova menggunakan NPM (Node Package Manager). Jadi sebelum memasang Cordova, terlebih dahulu install NPM.

Jika sudah terpasang NPM silahkan ketikkan perintah berikut menggunakan NPM.

npm install -g cordova

Proses ini membutuhkan koneksi internet serta kadang membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Silahkan tunggu hingga proses selesai.

Setelah itu silahkan cek apakah Cordova benar-benar telah terpasang di perangkat anda dengan mengetikkan peritah berikut di Command Line atau Terminal.

cordova -v

Setelah melakukan pengecekan dan muncul nomor versi Cordova maka selamat, framework ini berhasil dipasang dan siap digunakan.

Baca juga : Mengenal Apa itu NPM dalam Node js dan Bagaimana Cara Menggunakannya


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Blank Hitam Pada Photoshop

Saat ini mungkin anda sedang mengalami hal yang pernah saya alami, dimana ketika mengedit gambar di Photoshop tiba-tiba screen layer project berubah menjadi hitam. Apalagi pas menambahkan atau mengedit tulisan, blank ini kerap kali muncul. Kurang lebih akan tampak seperti gambar berikut. Teman-teman jangan khawatir karena saya telah menemukan solusinya dan berhasil saya terapkan. Berikut Cara Mengatasi Blank Hitam Pada Photoshop. 1. Masuk ke menu preferences dengan menekan menu Edit -> Preferences -> Performance . 2. Pada layar Preferences klik tombol Advanced Settings 3. Pada layar Advanced Graphics Processor Settings pada pilihan Drawing Mode silahkan ganti menjadi basic kemudian klik Ok , anda akan kembali ke layar Preferences silahkan klik lagi OK . 4. Selanjutnya tutup Photoshop anda dengan klik menu File -> exit . 5. Terakhir buka kembali Photoshop dan lihat hasilnya.

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Ruby

Ruby merupakan salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek berbasis skrip yang dikembangkan oleh Yukihiro Matsumoto yaitu seorang programer asal Jepang. Untuk mengetahui lebih jauh tentang bahasa Ruby silahkan baca postingan sebelumnya : Mengenal Bahasa Pemrograman Ruby  Sesuai judul postingan kali ini kita hanya akan membahas mengenai Kelebihan serta Kekurangan Bahasa Pemrograman Ruby. Berikut beberapa point yang telah kami jabarkan. Kelebihan Bahasa Pemrograman Ruby 1. Kode sederhana  Dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, yang kebanyakan untuk menulis kode dibutuhkan sekitar 10 baris, pada Ruby hanya butuh 1 atau 2 baris. Inilah kenapa Ruby dikatakan memiliki kode yang sederhana. Karena kesederhanaan dalam kodenya, akan mengurangi jam kerja programmer. 2. Multi-platform Ruby dapat berjalan di berbagai sistem operasi seperti Mac, Windows, hingga Linux. 3. Tingkat kebebasan yang tinggi Salah satu bentuk kebebasan programer dalam menuliska kode Ruby seperti tidak adanya p

Mengenal Sejarah JavaScript

Para programer berbasis web tentunya sangat ingin mengetehui lebih dalam tentang JavaScript. Hal ini tidak lepas dari fitur yang disediakan oleh JavaScript yang memudahkan dalam mengontrol, memanipulasi sebuah website. Selain itu bahasa pemrograman ini juga digunakan di hampir 90% web diseluruh dunia. Sejarah Bahasa Pemrograman JavaScript JavaScript merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis website yang dikembangkan oleh Netscape, sebuah perusahaan telekomunikasi yang juga mengembangkan browser Netscape Navigator. JavaScript sendiri mulai dibuat pada tahun 1995 yang mana ditangani oleh programer Netscape bernama Brendan Eich. Pada awal kemunculannya bahasa pemrograman ini bernama LiveScript. Nama ini kemudian dirubah menjadi JavaScript dikarenakan pada saat itu Java yang dirilis oleh Sun Microsystem (sekarang Oracle)sedang menjadi sorotan. Bisa dikatakan bahwa tujuan penamaan JavaScript tidak lain untuk menarik perhatian para programan pada waktu itu, jadi JavaScript tidak ada