Langsung ke konten utama

Cara Membuat Aplikasi Kamera Bagian Kedua - Capture Image


Pada postingan pertama dari Cara Membuat Aplikasi Kamera kita sudah membuat aplikasi dan menampilkan kamera preview. Lanjutan dari postingan tersebuat, kita akan membuat tangkapan atau Capture Image.

Aksi yang akan kita masukkan sebagai tambahan adalah Capture Image (tanpa menyimpan gambar), tombol back press yaitu ketika tombol kembali di tekan pada tampilan Capture Image maka camera kembali menampilkan preview, serta tombol Hapus yang fungsinya sama dengan back press.

Selain itu kita akan membuat agar aplikasi nantinya tampil full screen tanpa toolbar.

Tampilan nantinya akan tampak seperti barikut :



Langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini :

Langkah 1 : Buat dua ikon drawable dengan nama camera dan hapus, anda bisa menggunakan Vector Asset yang disediakan oleh Android Studio. Baca : Cara Menggunakan Icon Vector Asset bawahan Android Studio  

 


Langkah 2 : Edit AndroidManifest.xml dengan kode seperti berikut.
 
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<manifest xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
package="codingrakitan.blogspot.com.aplikasikamera">

<uses-permission android:name="android.permission.CAMERA"/>

<application
android:allowBackup="true"
android:icon="@mipmap/ic_launcher"
android:label="@string/app_name"
android:roundIcon="@mipmap/ic_launcher_round"
android:supportsRtl="true"
android:theme="@style/Theme.AppCompat.Light.NoActionBar">
<activity android:name=".MainActivity">
<intent-filter>
<action android:name="android.intent.action.MAIN" />

<category android:name="android.intent.category.LAUNCHER" />
</intent-filter>
</activity>
</application>

</manifest>

Langkah 3 : Edit activity_main.xml dengan kode seperti berikut.
 
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<FrameLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
xmlns:app="http://schemas.android.com/apk/res-auto"
xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
tools:context=".MainActivity" >

<FrameLayout
android:id="@+id/fr_kamera"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
android:background="@android:color/black">

</FrameLayout>

<ImageView
android:id="@+id/img"
android:layout_width="50dp"
android:layout_height="50dp"
android:layout_gravity="bottom|center_horizontal"
android:layout_marginBottom="30dp"
android:adjustViewBounds="true"
android:onClick="onClick"
android:tint="@android:color/white"
app:srcCompat="@drawable/camera"
tools:ignore="VectorDrawableCompat" />

<LinearLayout
android:id="@+id/ly"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
android:background="@android:color/black"
android:orientation="vertical"
android:visibility="gone">

<FrameLayout
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent">

<ImageView
android:id="@+id/tampil"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
android:adjustViewBounds="false"
app:srcCompat="@drawable/ic_launcher_background"
tools:ignore="VectorDrawableCompat" />

<ImageView
android:id="@+id/hapus"
android:layout_width="30dp"
android:layout_height="30dp"
android:layout_gravity="bottom"
android:layout_margin="20dp"
android:adjustViewBounds="true"
android:onClick="onClick"
android:tint="@android:color/white"
app:srcCompat="@drawable/delete"
tools:ignore="VectorDrawableCompat" />

<TextView
android:id="@+id/textView"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:background="@android:color/transparent"
android:padding="10dp"
android:text="codingrakitan.blogspot.com"
android:textColor="@android:color/white"
android:textSize="12sp" />

</FrameLayout>

</LinearLayout>

</FrameLayout>

Langkah 4 : Edit class MainActivity dengan kode seperti berikut.

 
public class MainActivity extends AppCompatActivity implements View.OnClickListener {

private FrameLayout fr_kamera;
private SurfaceView sv;
private SurfaceHolder sh;
private Camera cm;
private ImageView tampil;
private LinearLayout ly;
private int HOME = 1;
@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
getWindow().addFlags(WindowManager.LayoutParams.FLAG_FULLSCREEN);
requestWindowFeature(Window.FEATURE_NO_TITLE);
setContentView(R.layout.activity_main);

fr_kamera = findViewById(R.id.fr_kamera);
tampil = findViewById(R.id.tampil);
ly = findViewById(R.id.ly);


kameraAktif();

}
@Override
public boolean onKeyDown(int keyCode, KeyEvent event){
if (event.getAction() == KeyEvent.ACTION_DOWN) {
switch (keyCode) {
case KeyEvent.KEYCODE_BACK:
if (HOME==0){
ly.setVisibility(View.GONE);
HOME=1;
}else{
finish();
}
return true;
}
}
return super.onKeyDown(keyCode, event);
}

@Override
public void onClick(View v) {
switch (v.getId()){
case R.id.hapus:
ly.setVisibility(View.GONE);
break;
case R.id.img:
ambilGambar();
break;
}

}

private void kameraAktif() {
sv = new SurfaceView(this);
sh = sv.getHolder();
sh.addCallback(new SurfaceHolderCallback());
fr_kamera.addView(sv);

}

private void ambilGambar() {
cm.takePicture(null, null, jpegCallback);
HOME = 0;
}
Camera.PictureCallback jpegCallback = new Camera.PictureCallback() {
@Override
public void onPictureTaken(byte[] data, Camera camera) {
Bitmap bitmap = BitmapFactory.decodeByteArray(data, 0, data.length);
Matrix matrix = new Matrix();
matrix.postRotate(90);
Bitmap rotateBitmap = Bitmap.createBitmap(bitmap, 0, 0, bitmap.getWidth(), bitmap.getHeight()
, matrix, true);
tampil.setImageBitmap(rotateBitmap);
ly.setVisibility(View.VISIBLE);
cm.startPreview();
}
};



private class SurfaceHolderCallback implements SurfaceHolder.Callback {
@Override
public void surfaceCreated(SurfaceHolder holder) {
cm = Camera.open();
Camera.Parameters parameters = cm.getParameters();
List<Camera.Size> ss = parameters.getSupportedPreviewSizes();
Camera.Size pictSize = ss.get(0);
parameters.setPictureSize(pictSize.width, pictSize.height);
cm.setParameters(parameters);
}

@Override
public void surfaceChanged(SurfaceHolder holder, int format, int width, int height) {
try {
cm.setDisplayOrientation(90);
cm.setPreviewDisplay(sv.getHolder());
Camera.Parameters parameters = cm.getParameters();
List<Camera.Size> previewSize = cm.getParameters().getSupportedPreviewSizes();
Camera.Size pre = previewSize.get(0);
parameters.setPreviewSize(pre.width, pre.height);

ViewGroup.LayoutParams lp = new FrameLayout.LayoutParams(
ViewGroup.LayoutParams.FILL_PARENT,
ViewGroup.LayoutParams.FILL_PARENT);

sv.setLayoutParams(lp);
cm.setParameters(parameters);
cm.startPreview();
}catch (Exception e){}

}

@Override
public void surfaceDestroyed(SurfaceHolder holder) {
cm.stopPreview();
cm.release();
}
}
}




Sekarang anda tinggal melakukan pengetesan menggunakan emulator atau lebih baiknya menggunakan HP Smartphone langsung, sebab lebih leluasa dalam mengambil gambar.

Lanjut :  Cara Membuat Aplikasi Kamera Bagian Ketiga - Flash Light


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Ruby

Ruby merupakan salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek berbasis skrip yang dikembangkan oleh Yukihiro Matsumoto yaitu seorang programer asal Jepang. Untuk mengetahui lebih jauh tentang bahasa Ruby silahkan baca postingan sebelumnya : Mengenal Bahasa Pemrograman Ruby  Sesuai judul postingan kali ini kita hanya akan membahas mengenai Kelebihan serta Kekurangan Bahasa Pemrograman Ruby. Berikut beberapa point yang telah kami jabarkan. Kelebihan Bahasa Pemrograman Ruby 1. Kode sederhana  Dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, yang kebanyakan untuk menulis kode dibutuhkan sekitar 10 baris, pada Ruby hanya butuh 1 atau 2 baris. Inilah kenapa Ruby dikatakan memiliki kode yang sederhana. Karena kesederhanaan dalam kodenya, akan mengurangi jam kerja programmer. 2. Multi-platform Ruby dapat berjalan di berbagai sistem operasi seperti Mac, Windows, hingga Linux. 3. Tingkat kebebasan yang tinggi Salah satu bentuk kebebasan programer dalam menuliska kode Ruby seperti tidak...

Cara Install ReactJs dengan Mudah

  Sebelumnya kita telah membahas tentang apa itu ReactJs pada postingan Mengenal Apa itu React Js . Untuk itu pada postingan kali ini kita akan memulai langkah pertama untuk bisa mempraktekkan langsung atau membuat project dengan ReactJS. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasang ReactJs, dimana anda memerlukan NPM. Baca lebih jauh menegenai Apa itu NPM . Adapun Langkah-langkah sebelum anda dapat menginstall ReactJs adalah sebagai berikut : 1. Install Node js -> Baca disini 2. Pastikan NPM sudah terinstall (NPM satu paket ketika Node js di install), cara mengeceknya dengan membuka CMD dan ketikkan perintah npm -v , jika muncul versi NPM seperti pada gambar dibawah, berarti NPM sudah siap digunakan. 3. Install create-react-app caranya buka CMD dan ketikkan perintah npm install -g create-react-app kemudian tunggu hingga proses selesai. Pastikan anda memiliki koneksi internet sebab program akan mendownload beberapa file. Sampai disni anda sudah berhasil memasang d...

Mengenal Apa itu Android Studio

Android Studio merupakan tools IDE ( Integrated Development Environment ) yang digunakan untuk membuat aplikasi android. Fungsi utamanya adalah sebagai editor yang menyediakan berbagai kebutuhan dalam membangun aplikasi android seperti widget, library, dll. Android Studio versi terbaru telah mendukung 2 bahasa pemrograman yaitu Java dan Kotlin. Sebelumnya hanya mendukung bahasa Java. Android Studio hadir sebagai pengganti Eclipse ADT ( Android Development Tools ) yaitu tools utama sebelumnya. Tools Android Studio ini dibangun di atas aplikasi yang sudah populer sebagai editor programer yaitu JetBrains IntelliJ IDE. Selain itu Android Studio di lengkapi dengan Emulator sendiri. Sama halnya seperti Eclipse, Android Studio juga memerlukan SDK ( Software Development Kit ) untuk membangun aplikasi android. Bedanya Android Studio didukung penuh oleh Google sebagai pengembangnya serta menggunakan grandle dalam melakukan build. Baca juga : Perbedaan Membuat Aplikasi Android Menggunakan Ecli...