Langsung ke konten utama

Cara Membuat Aplikasi Kamera Bagian Ketiga - Flash Light - Coding Rakitan


Pada postingan kali ini kita akan melanjutkan postingan sebelumnya Cara Membuat Aplikasi Kamera Bagian Kedua - Capture Image. Postingan sebelumnya kita sudah menambahkan fitur capture image yang membuat kamera dapat menangkap gambar ketika tombol di pencet.

Fitur yang akan kita tambahkan selanjutnya adalah Flash Light atau lampu blitz kamera. Dimana ketika tombol blitz dalam keadaan hidup atau auto maka ketika tangkapan kamera dilakukan, blitz akan menyala.

Langkah pertama :

Pertama-tama izinkan aplikasi untuk mengakses Flash light dengan menambahkan kode berikut kedalam AndroidManifest.xml
 
<uses-permission android:name="android.permission.FLASHLIGHT"/>

Langkah kedua :

Tambahkan ikon Vector Asset berikut kedalam drawable anda dan sesuaikan dengan nama yang ada di gambar. Tidak tahu cara menambahkannya ? silahkan baca postingan Cara Menggunakan Icon Vector Asset bawahan Android Studio



Langkah ketiga :

Edit activity_main.xml seperti berikut.
 
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<FrameLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
xmlns:app="http://schemas.android.com/apk/res-auto"
xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
tools:context=".MainActivity" >

<FrameLayout
android:id="@+id/fr_kamera"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
android:background="@android:color/black">

</FrameLayout>

<ImageView
android:id="@+id/img"
android:layout_width="50dp"
android:layout_height="50dp"
android:layout_gravity="bottom|center_horizontal"
android:layout_marginBottom="30dp"
android:adjustViewBounds="true"
android:onClick="onClick"
android:tint="@android:color/white"
app:srcCompat="@drawable/camera"
tools:ignore="VectorDrawableCompat" />

<LinearLayout
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_gravity="right"
android:orientation="vertical"
android:padding="5dp">

<ImageView
android:id="@+id/flash"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="50dp"
android:onClick="onClick"
android:tag="off"
android:tint="@android:color/white"
app:srcCompat="@drawable/flash_off"
tools:ignore="VectorDrawableCompat" />
</LinearLayout>

<LinearLayout
android:id="@+id/ly"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
android:background="@android:color/black"
android:orientation="vertical"
android:visibility="gone">

<FrameLayout
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent">

<ImageView
android:id="@+id/tampil"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
android:adjustViewBounds="false"
app:srcCompat="@drawable/ic_launcher_background"
tools:ignore="VectorDrawableCompat" />

<ImageView
android:id="@+id/hapus"
android:layout_width="30dp"
android:layout_height="30dp"
android:layout_gravity="bottom"
android:layout_margin="20dp"
android:adjustViewBounds="true"
android:onClick="onClick"
android:tint="@android:color/white"
app:srcCompat="@drawable/delete"
tools:ignore="VectorDrawableCompat" />

<TextView
android:id="@+id/textView"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:background="@android:color/transparent"
android:padding="10dp"
android:text="codingrakitan.blogspot.com"
android:textColor="@android:color/white"
android:textSize="12sp" />

</FrameLayout>

</LinearLayout>

</FrameLayout>


Langkah keempat :

Edit class MainActivity.java seperti berikut.
 
public class MainActivity extends AppCompatActivity implements View.OnClickListener {

private FrameLayout fr_kamera;
private SurfaceView sv;
private SurfaceHolder sh;
private Camera cm;
private ImageView tampil;
private LinearLayout ly;
private int HOME = 1;
int flash = 1;
String aksi_flash = "mati";
Camera.Parameters pr;
ImageView iv_flash;
@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
getWindow().addFlags(WindowManager.LayoutParams.FLAG_FULLSCREEN);
requestWindowFeature(Window.FEATURE_NO_TITLE);
setContentView(R.layout.activity_main);

fr_kamera = findViewById(R.id.fr_kamera);
tampil = findViewById(R.id.tampil);
iv_flash = findViewById(R.id.flash);
ly = findViewById(R.id.ly);


kameraAktif();


}
@Override
public boolean onKeyDown(int keyCode, KeyEvent event){
if (event.getAction() == KeyEvent.ACTION_DOWN) {
switch (keyCode) {
case KeyEvent.KEYCODE_BACK:
if (HOME==0){
kembaliCamera();
}else{
finish();
}
return true;
}
}
return super.onKeyDown(keyCode, event);
}
public void kembaliCamera(){
ly.setVisibility(View.GONE);
HOME=1;
if (aksi_flash=="hidup"){
flashAktif();
}
cm.startPreview();
}


@Override
public void onClick(View v) {
switch (v.getId()){
case R.id.hapus:
kembaliCamera();
break;
case R.id.img:
ambilGambar();
break;
case R.id.flash:
flash++;
if (flash==1){
iv_flash.setImageResource(R.drawable.flash_off);
flashMati();
aksi_flash = "mati";
}else
if (flash==2){
iv_flash.setImageResource(R.drawable.flash_on);
flashAktif();
aksi_flash = "hidup";
}else
if (flash==3){
iv_flash.setImageResource(R.drawable.flash_auto);
flashAuto();
aksi_flash = "auto";
flash = 0;
}
break;
}

}



private void flashAktif() {
pr = cm.getParameters();
pr.setFlashMode(Camera.Parameters.FLASH_MODE_TORCH);
cm.setParameters(pr);
cm.startPreview();
}

private void flashAuto() {
pr = cm.getParameters();
pr.setFlashMode(Camera.Parameters.FLASH_MODE_AUTO);
cm.setParameters(pr);
cm.startPreview();
}

private void flashMati() {
pr = cm.getParameters();
pr.setFlashMode(Camera.Parameters.FLASH_MODE_OFF);
cm.setParameters(pr);
cm.startPreview();
}

private void kameraAktif() {
sv = new SurfaceView(this);
sh = sv.getHolder();
sh.addCallback(new SurfaceHolderCallback());
fr_kamera.addView(sv);

}

private void ambilGambar() {
if (aksi_flash=="auto"){
flashAuto();
}
cm.takePicture(null, null, jpegCallback);
HOME = 0;

}



Camera.PictureCallback jpegCallback = new Camera.PictureCallback() {
@Override
public void onPictureTaken(byte[] data, Camera camera) {
Bitmap bitmap = BitmapFactory.decodeByteArray(data, 0, data.length);
Matrix matrix = new Matrix();
matrix.postRotate(90);
Bitmap rotateBitmap = Bitmap.createBitmap(bitmap, 0, 0, bitmap.getWidth(), bitmap.getHeight()
, matrix, true);
tampil.setImageBitmap(rotateBitmap);
ly.setVisibility(View.VISIBLE);

}
};



private class SurfaceHolderCallback implements SurfaceHolder.Callback {
@Override
public void surfaceCreated(SurfaceHolder holder) {
cm = Camera.open();
pr = cm.getParameters();
List<Camera.Size> ss = pr.getSupportedPreviewSizes();
Camera.Size pictSize = ss.get(0);
pr.setPictureSize(pictSize.width, pictSize.height);
cm.setParameters(pr);
}

@Override
public void surfaceChanged(SurfaceHolder holder, int format, int width, int height) {
try {
cm.setDisplayOrientation(90);
cm.setPreviewDisplay(sv.getHolder());
Camera.Parameters parameters = cm.getParameters();
List<Camera.Size> previewSize = cm.getParameters().getSupportedPreviewSizes();
Camera.Size pre = previewSize.get(0);
parameters.setPreviewSize(pre.width, pre.height);

ViewGroup.LayoutParams lp = new FrameLayout.LayoutParams(
ViewGroup.LayoutParams.FILL_PARENT,
ViewGroup.LayoutParams.FILL_PARENT);

sv.setLayoutParams(lp);
cm.setParameters(parameters);
cm.startPreview();
}catch (Exception e){}

}

@Override
public void surfaceDestroyed(SurfaceHolder holder) {
cm.stopPreview();
cm.release();
}
}
}


Pada class di atas kita menambahkan 3 method yang berfungsi untuk mengatur blitz yaitu flashAktif(), flashAuto(), dan flashMati(). Kode yang berfungsi untuk menyalakan flash light adalah "pr.setFlashMode(Camera.Parameters.FLASH_MODE_TORCH);" dimana kode ini menginstruksikan untuk membuat Flash Mode Torch ketika dilakukan tangkapan kamera.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Blank Hitam Pada Photoshop

Saat ini mungkin anda sedang mengalami hal yang pernah saya alami, dimana ketika mengedit gambar di Photoshop tiba-tiba screen layer project berubah menjadi hitam. Apalagi pas menambahkan atau mengedit tulisan, blank ini kerap kali muncul. Kurang lebih akan tampak seperti gambar berikut. Teman-teman jangan khawatir karena saya telah menemukan solusinya dan berhasil saya terapkan. Berikut Cara Mengatasi Blank Hitam Pada Photoshop. 1. Masuk ke menu preferences dengan menekan menu Edit -> Preferences -> Performance . 2. Pada layar Preferences klik tombol Advanced Settings 3. Pada layar Advanced Graphics Processor Settings pada pilihan Drawing Mode silahkan ganti menjadi basic kemudian klik Ok , anda akan kembali ke layar Preferences silahkan klik lagi OK . 4. Selanjutnya tutup Photoshop anda dengan klik menu File -> exit . 5. Terakhir buka kembali Photoshop dan lihat hasilnya.

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Ruby

Ruby merupakan salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek berbasis skrip yang dikembangkan oleh Yukihiro Matsumoto yaitu seorang programer asal Jepang. Untuk mengetahui lebih jauh tentang bahasa Ruby silahkan baca postingan sebelumnya : Mengenal Bahasa Pemrograman Ruby  Sesuai judul postingan kali ini kita hanya akan membahas mengenai Kelebihan serta Kekurangan Bahasa Pemrograman Ruby. Berikut beberapa point yang telah kami jabarkan. Kelebihan Bahasa Pemrograman Ruby 1. Kode sederhana  Dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, yang kebanyakan untuk menulis kode dibutuhkan sekitar 10 baris, pada Ruby hanya butuh 1 atau 2 baris. Inilah kenapa Ruby dikatakan memiliki kode yang sederhana. Karena kesederhanaan dalam kodenya, akan mengurangi jam kerja programmer. 2. Multi-platform Ruby dapat berjalan di berbagai sistem operasi seperti Mac, Windows, hingga Linux. 3. Tingkat kebebasan yang tinggi Salah satu bentuk kebebasan programer dalam menuliska kode Ruby seperti tidak adanya p

Mengenal Apa itu Android Studio

Android Studio merupakan tools IDE ( Integrated Development Environment ) yang digunakan untuk membuat aplikasi android. Fungsi utamanya adalah sebagai editor yang menyediakan berbagai kebutuhan dalam membangun aplikasi android seperti widget, library, dll. Android Studio versi terbaru telah mendukung 2 bahasa pemrograman yaitu Java dan Kotlin. Sebelumnya hanya mendukung bahasa Java. Android Studio hadir sebagai pengganti Eclipse ADT ( Android Development Tools ) yaitu tools utama sebelumnya. Tools Android Studio ini dibangun di atas aplikasi yang sudah populer sebagai editor programer yaitu JetBrains IntelliJ IDE. Selain itu Android Studio di lengkapi dengan Emulator sendiri. Sama halnya seperti Eclipse, Android Studio juga memerlukan SDK ( Software Development Kit ) untuk membangun aplikasi android. Bedanya Android Studio didukung penuh oleh Google sebagai pengembangnya serta menggunakan grandle dalam melakukan build. Baca juga : Perbedaan Membuat Aplikasi Android Menggunakan Ecli